Budaya Fenomena Kehidupan

Tradisi Hadiah Pindahan dan Rumah Baru Penuh Makna di Jepang

Tegar Rifqiaulian
September 28, 2024
0 Comments
Home
Budaya
Fenomena
Kehidupan
Tradisi Hadiah Pindahan dan Rumah Baru Penuh Makna di Jepang
Gambar Lanskap, Taman, Alam
Rumah bergaya Jepang (Pixabay.com/shell_ghostcage)


Hadiah pindahan dan rumah baru merupakan salah satu tradisi unik dan penuh makna di Jepang. Tradisi ini tidak hanya sekadar memberi, tetapi juga mencerminkan rasa saling menghormati dan menjaga hubungan baik. Dengan memberi hadiah, orang Jepang ingin menunjukkan dukungan dan harapan baik untuk kehidupan baru si penerima di tempat yang baru.

Apa itu hadiah pindahan?

Hadiah pindahan adalah hadiah yang diberikan ketika seseorang membeli dan pindah ke rumah atau kondominium bekas selain yang baru dibangun.

Baca juga: Apa Tanggapan Orang Jepang Terhadap Hilangnya Tab Suka di X

Jika seseorang berpindah dari apartemen sewa yang satu ke yang lain, Anda tidak perlu memberikan hadiah. Meski begitu, Anda dapat memberikan hadiah biasa kepada seseorang yang dekat dengan Anda sebagai hadiah perpisahan.

Apa itu hadiah rumah baru?

Hadiah rumah baru adalah hadiah yang diberikan kepada seseorang ketika mereka pindah ke rumah yang baru dibangun. Orang Jepang memberikan hadiah pindah rumah tidak hanya untuk rumah keluarga tetapi juga bagi mereka yang pindah ke kondominium yang baru dibangun.

Cara Memilih Hadiah yang Cocok

Dalam memilih hadiah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sangat penting untuk mempertimbangkan kesukaan dan kebiasaan penerima. Jangan sampai memberikan sesuatu yang mungkin tidak mereka sukai atau bahkan tidak dibutuhkan.

Berikan hadiah yang menarik dan bergaya untuk teman Anda sebagai hadiah pindah rumah. Barang interior yang menambah gaya pada rumah baru Anda juga populer. Misalnya saja tanaman hias dan bunga-bunga indah yang bisa mencerahkan ruangan.  Jika Anda dekat dengan teman Anda, akan lebih mudah untuk memahami kesukaan teman Anda atau sesuatu yang diinginkan teman Anda.

Berikan barang-barang bermanfaat seperti peralatan rumah tangga sebagai hadiah untuk saudara dan kerabat. Hadiah untuk saudara dan kerabat bisa jadi mahal, sehingga banyak hadiah yang berkualitas tinggi, seperti peralatan rumah tangga yang akan berguna di kehidupan barunya.

Kebutuhan sehari-hari dan hidangan bisa menjadi hadiah pindahan untuk atasan dan kolega. Hal ini dikarenakan Anda sering kali tidak tahu apa yang mereka inginkan atau sukai. Disarankan untuk memilih hadiah dari barang-barang yang dapat diterima semua orang dengan senang hati. 

Makanan dan minuman yang biasa dinikmati bersama keluarga dan anak-anak cocok sebagai hadiah. Makanan tidak hanya sekadar kebutuhan, tetapi juga simbol kehangatan dan pertemanan. Perhatikan tampilan kemasannya dan pilihlah barang yang bergaya untuk hadiah.

Barang yang biasa digunakan di rumah tangga seperti deterjen, sabun, dan handuk adalah hadiah yang populer. Karena merupakan barang familiar dan praktis, maka akan sangat dihargai jika Anda memberikan sesuatu yang istimewa dengan fokus pada kualitas, desain, dan merek. Memberikan barang-barang berguna menunjukkan perhatian kebutuhan penerima dan membantu mereka merasa lebih nyaman di lingkungan baru.

Hadiah katalog direkomendasikan ketika Anda tidak dapat memutuskan apa yang akan diberikan sebagai hadiah, sehingga penerima dapat memilih apa yang mereka inginkan. Anda dapat menikmati kesenangan dalam memilih sambil membandingkan berbagai macam produk.

Bagi orang yang hidup sendiri, hadiah pindahan yang cocok adalah barang yang mereka butuhkan untuk kehidupan baru. Hadiah yang cocok untuk menunjang kehidupan barunya yaitu barang-barang praktis seperti peralatan makan dan dekorasi interior sederhana. Selain itu, rumah orang yang hidup sendiri seringkali memiliki ruang penyimpanan yang sedikit, jadi pilihlah yang tidak terlalu besar.

Hadiah yang Perlu Dihindari/Tabu

Untuk menghindari menyinggung perasaan penerimanya, jangan memberikan barang-barang tabu sebagai hadiah. Barang-barang yang berhubungan dengan api, seperti korek api dan lilin, dianggap membawa sial dan tidak boleh digunakan sebagai hadiah.

Saat memberikan bunga dan hadiah populer lainnya, berhati-hatilah dengan warnanya. Benda yang warnanya sama dengan api, seperti bunga merah, tidak diperbolehkan. Sebisa mungkin hindari penggunaan warna merah dalam pembungkus. Disarankan untuk menghindari bunga dengan makna negatif dan bunga dengan aroma kuat. Selain itu, barang-barang yang merusak dinding rumah baru Anda, seperti jam dinding, lukisan, dan hiasan dinding, namun jika Anda ingin menghadiahkannya, pastikan untuk menghubungi penerimanya.

Selain itu, sebaiknya hindari menghadiahkan barang-barang yang diinjak, seperti tikar dan sandal, kepada atasan Anda. Hal ini dianggap tidak sopan karena menyiratkan makna menggunakannya sebagai batu loncatan.

Waktu Terbaik Memberi Hadiah

Waktu terbaik untuk memberikan kado pindah rumah adalah 1 hingga 2 bulan setelah pindah. Segera setelah pindah, banyak orang yang sibuk membereskan dan menyelesaikan formalitas, jadi dengarkan kenyamanan orang lain dan putuskan kapan akan menyerahkan barang tersebut.

Tambahkan pesan yang menyentuh hati pada hadiah untuk mengungkapkan ucapan selamat Anda atas kehidupan baru mereka. Jika Anda diundang ke acara peresmian rumah baru, bawalah pada hari itu. Setelah memasuki ruangan, keluarkan barang dan serahkan dengan ucapan selamat.

Jika upacara pernikahan dan tanggal pindahan bertepatan, tidak dianggap tidak sopan jika mengirimkan kado pernikahan dan kado pindahan secara bersamaan. Bahkan jika orang lain sedang berduka, memberi mereka hadiah bukanlah tindakan yang buruk. Apalagi jika sudah mendapat pemberitahuan dari pihak lain, kemungkinan besar mereka juga tidak mempermasalahkannya.

Hadiah pindahan dan pindah rumah di Jepang adalah lebih dari sekadar praktik sosial. Hal itu adalah simbol dari rasa saling menghormati, perhatian, dan keinginan untuk membangun hubungan yang baik. Setiap hadiah yang diberikan membawa harapan dan doa agar kehidupan penerima di tempat baru berjalan dengan baik.

Referensi: GiftmallGiftmall

Blog authors

Tegar Rifqiaulian
Tegar Rifqiaulian
Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

No comments