Apa Tanggapan Orang Jepang Terhadap Hilangnya Tab Suka di X

Flat design tweet mockup
Ilustrasi profil akun X (Image by freepik)


Dalam beberapa tahun terakhir, platform media sosial telah mengalami perubahan signifikan dalam upaya menciptakan lingkungan online yang lebih positif dan sehat. Salah satu perubahan yang paling menonjol adalah penghilangan tab suka.

Belakangan ini, sosial media X mulai menyembunyikan tab suka karena alasan privasi. Saat ini tab suka hanya dapat dilihat oleh pemilik akun dan tidak dapat dilihat oleh pengguna lain seperti sebelumnya. Hal ini tentunya menimbulkan pembicaraan di antara warganet di X.

Baca juga: Cari Tahu Mengapa Orang Jepang Memiliki Sifat Kerja Keras

Hilangnya tab suka di X membuat pengguna lebih leluasa dalam menyukai postingan pengguna lain di X. Namun, ada pula pengguna yang biasa melihat tab suka profil pengguna lain. Bagaimana tanggapan orang Jepang terutama Generasi Z dalam menanggapi hilangnya tab suka di X?

Circle Up, layanan penelitian cepat yang mengkhususkan diri pada Generasi Z, dioperasikan oleh RECCOO Co., Ltd. menyurvei reaksi Generasi Z terhadap penutupan tab suka di X pada Juni 2024. Jumlah responden sebanyak 200 orang yang termasuk generasi Z dan berusia di atas 20 tahun. Hasilnya adalah sebanyak 37% responden Generasi Z di Jepang menentang penutupan tab Suka.

Sekitar 60% responden Generasi Z mengatakan bahwa mereka pernah melihat tab like pengguna lain sebelum ditutup. Sebanyak 59% responden merasa bahwa mereka dapat memahami kepribadian pengguna tersebut dengan melihat tab suka. Alasan lainnya adalah untuk mengetahui popularitas pengguna tersebut, menemukan teman bersama, memeriksa apakah akun tersebut hanya melihat-lihat tanpa memposting, dan mengumpulkan informasi jika memiliki hobi yang sama.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa Generasi Z di Jepang tidak hanya mengumpulkan informasi tentang kepribadian pengguna tersebut melalui tab suka, tetapi juga tentang situasi terkini dan hobi umum pengguna tersebut. Generasi Z menjawab bahwa mereka akan mengumpulkan informasi menggunakan postingan, profil, ikon, dan sebagainya ketika memeriksa kepribadian pengguna X lain di masa depan.

Rupanya Generasi Z di Jepang juga memiliki tanggapan tersendiri mengenai hilangnya tab suka di sosial media X. Terungkap bahwa tab suka dimanfaatkan oleh generasi Z di Jepang untuk mengetahui kepribadian pengguna lain. Kedepannya generasi Z di Jepang akan memeriksa kepribadian pengguna X lain melalui postingan, profil, ikon, dan sebagainya.

Referensi: prtimes.jp

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

1 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال