Apa Saja Hobi yang Tidak Menghabiskan Uang menurut Orang Jepang

Gambar Video game, Permainan, Controller.
Stik kendali (Pixabay.com/AlohaWorld)


Hobi merupakan kegemaran yang dilakukan pada waktu luang. Hobi memiliki beberapa manfaat seperti mengurangi stres dan meningkatkan keterampilan. Meski tidak sedikit hobi yang mengeluarkan cukup banyak uang, ada beberapa hobi yang tidak menghabiskan uang. Bahkan, hobi tersebut dapat menghasilkan penghasilan. Berikut ini beberapa hobi yang tidak perlu menghabiskan uang menurut orang Jepang.

Biz Hits Co., Ltd. melakukan survei kesadaran mengenai hobi yang tidak menghabiskan uang di antara 500 pria dan wanita di Jepang pada 15-18 November 2022. Hasilnya adalah peringkat teratas untuk hobi yang tidak menghabiskan uang yaitu olahraga dan kebugaran (79 orang), diikuti oleh membaca dan manga (76 orang), menonton video, drama, dan film (62 orang), kerajinan dan kerajinan tangan (38 orang), permainan (35 orang), jalan kaki (31 orang), dan berkebun (24 orang).

Olahraga dan kebugaran menjadi hobi yang paling tidak menghabiskan uang menurut orang Jepang. Olahraga dan kebugaran dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang senang berlari dan berolahraga di luar ruangan, ada pula yang melakukan latihan otot di dalam ruangan.

Saat ini, video latihan otot dan yoga dapat ditonton di YouTube, sehingga Anda bisa berolahraga sambil berdiam diri di rumah. Selain itu, Gym umum yang dikelola oleh pemerintah daerah juga memiliki biaya penggunaan yang lebih rendah.

Selanjutnya adalah hobi membaca dan manga. Membaca cenderung menjadi hobi yang relatif tidak menghabiskan uang. Namun, membeli beberapa buku baru setiap bulan bisa jadi menghabiskan uang. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan buku bekas dan perpustakaan. 

Banyak orang yang memanfaatkan perpustakaan dan buku bekas untuk menekan biaya. Selain itu, semakin banyak orang menggunakan aplikasi manga gratis dan situs pengiriman novel untuk menikmati karya secara gratis yang dapat dibaca di ponsel pintar sehingga mudah dibaca kapan saja dan di mana saja.

Menonton video, drama, dan film dapat termasuk salah satu hobi yang tidak menghabiskan uang. Harga bioskop telah meningkat menjadi 2.000 yen di beberapa tempat, jadi jika Anda pergi ke bioskop seminggu sekali, pengeluaran bulanan Anda akan menjadi 8.000 yen. Namun hal ini dapat diatasi dengan layanan distribusi video dan situs video untuk menikmati konten seperti film dan anime. 

Situs dan layanan ini memungkinkan Anda menikmati beragam karya dengan harga yang relatif rendah. Meskipun beberapa situs dan layanan mungkin memiliki biaya bulanan, namun tampaknya orang-orang puas dengan layanan ini karena harganya rendah mengingat kuantitas dan kualitas karya dan kinerja biayanya bagus.

Kerajinan dan kerajinan tangan juga masuk ke dalam hobi yang tidak menghabiskan uang. Saat ini, banyak bahan-bahan kerajinan dijual di toko 100 yen di Jepang jadi Anda bisa membuat kreasi lucu tanpa menghabiskan banyak uang uang. Selain itu, jika Anda menggunakan pakaian bekas atau sisa kain, Anda dapat semakin mengurangi biaya bahan dan lebih ramah lingkungan. Anda juga bisa menjual barang yang Anda buat di Internet atau pasar loak.

Permainan menduduki peringkat kelima hobi yang tidak menghabiskan uang. Ada banyak permainan ponsel pintar yang bisa dimainkan secara gratis saat ini. Anda hanya perlu membayar biaya komunikasi untuk hal itu. Bahkan dengan permainan yang dibeli atau memerlukan biaya bulanan, banyak orang yang berpendapat bahwa hal ini adalah nilai terbaik untuk uang jika Anda memikirkannya secara keseluruhan. Jika berupa permainan analog seperti shogi, biayanya mungkin lebih rendah dibandingkan permainan video.

Peringkat selanjutnya diduduki oleh hobi jalan kaki. Banyak orang yang menikmati kegiatan berjalan kaki dengan menggabungkannya dengan aktivitas lain, seperti memotret pemandangan, mendengarkan musik, dan mencari toko. Dengan demikian, membuat jalan kaki Anda lebih menyenangkan dan terus maju.

Yang terakhir adalah berkebun. Berkebun yang serius membutuhkan hal-hal seperti tanah, bibit, tanaman, dan pupuk sehingga tampak seperti hobi yang mahal. Namun, ada banyak cara berbiaya rendah untuk menikmati berkebun, seperti menanam dari biji dan sebagainya. Selain itu, jika tanaman tersebut merupakan tanaman tahunan, sekali ditanam, Anda dapat menikmatinya dalam waktu yang lama.

Mengenai hobi yang tidak menghabiskan biaya, jumlah rata-rata yang dikeluarkan untuk hobi dalam sebulan sebesar 1.296 yen. Namun, nilai yang memiliki frekuensi tertinggi yaitu kurang dari 1.000 yen per bulan. Bahkan, banyak orang mengatakan bahwa mereka tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk hobi.

Hobi yang tidak menghabiskan uang memiliki beberapa manfaat. Hobi yang tidak menghabiskan uang dapat menekan biaya. Anda bisa langsung memulainya karena tidak memerlukan banyak uang. Selain itu, Anda dapat menjalankan hobi Anda, apa pun status pendapatan Anda.

Meskipun mudah untuk memulai hobi yang tidak menghabiskan uang, hal ini mungkin tidak akan bertahan lama karena Anda dapat berhenti dengan cepat. Selain itu, jika Anda menjalankan hobi dengan belajar sendiri tanpa mengeluarkan uang, mungkin akan lebih sulit untuk meningkatkan dan tetap termotivasi dibandingkan jika Anda menghadiri kelas atau pelajaran.

Referensi: prtimes.jp47life.fukoku-life.co.jp

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال