Apa Perbedaan Tomodachi dan Nakama dalam bahasa Jepang

Samurais at the beach
Dua orang samurai (Image by freepik)


Bahasa Jepang memiliki banyak kata yang sering digunakan untuk menyebut teman. Beberapa di antaranya yang seringkali membingungkan bagi orang asing adalah tomodachi dan nakama. Meskipun keduanya dapat diterjemahkan sebagai "teman" dalam bahasa Indonesia, namun sebenarnya keduanya memiliki makna yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan kata tomodachi dan nakama dalam bahasa Jepang.

Tomodachi adalah seseorang yang saling terbuka dan berinteraksi satu sama lain secara setara. Artinya seseorang yang bisa diajak berbagi aspirasi, berinteraksi secara setara, dan bisa diajak bermain dan ngobrol.

Baca juga: Cari Tahu Mengapa Pria Jepang Terlihat Lebih Menarik

Jika Anda senang mengobrol dan tidak keberatan berbagi kehidupan pribadi, Anda bisa menyebutnya dengan tomodachi. Selain itu, karena tomodachi adalah seseorang yang setara dengan Anda, secara teknis Anda tidak dapat menyebut atasan di tempat kerja sebagai tomodachi.

Nakama berarti sekelompok orang yang melakukan sesuatu bersama-sama. Bisa merujuk kepada orang yang memiliki hobi dan kebiasaan yang sama ataupun orang-orang dengan pekerjaan yang sama.

Oleh karena itu, nakama pada hakikatnya berbeda dengan tomodachi karena mereka adalah orang-orang yang mempunyai cita-cita yang sama dan bekerja sama untuk melakukan sesuatu. Namun, ada kalanya tomodachi bisa didapat dari nakama dan nakama bisa didapat di antara tomodachi.

Penggunaan kata tomodachi terbatas pada orang yang berhubungan baik satu sama lain secara pribadi. Sementara itu, nakama bisa digunakan pada orang yang bekerja sama dalam suatu pekerjaan meskipun tidak harus selalu menjadi teman baik.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tomodachi dan nakama memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Tomodachi digunakan untuk menyebut teman yang berhubungan baik secara pribadi dan setara. Sementara itu, nakama digunakan untuk menyebut orang-orang yang melakukan sesuatu bersama-sama dalam mencapai tujuan bersama.

Meskipun keduanya dapat diterjemahkan sebagai "teman" dalam bahasa Indonesia, namun penting untuk memahami perbedaan penggunaannya agar tidak salah dalam memahami hubungan dan tingkat kedekatan seseorang dalam bahasa Jepang. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memahami perbedaan antara tomodachi dan nakama dalam bahasa Jepang.

Referensi: meaning-dictionary.comchigai.site

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال