Mengapa Jepang Menjadi Salah Satu Negara yang Aman di Dunia

Alley, Street, Houses image. Free for use.
Negara Jepang (Pixabay.com/Kanenori)


Jepang tidak hanya terkenal dengan budayanya tetapi juga terkenal dengan keamanannya sehingga menjadikannya salah satu negara yang aman di dunia. Hal ini membuat orang-orang merasa aman ketika bepergian maupun tinggal di Jepang. Berikut ini merupakan pembahasan mengapa Jepang menjadi salah satu negara yang aman di dunia.

Seberapa Amankah Negara Jepang

Jepang terkenal dengan keamanannya sehingga menjadikannya salah satu negara yang aman di dunia, namun seberapa amankah negara Jepang. Menurut statistik kejahatan oleh UNODC, tingkat pembunuhan di Jepang berada di angka 0,31. Selain itu, tingkat perampokan di Jepang berada di angka 2,41. Tingkat kejahatan terutama dinyatakan sebagai jumlah kejahatan tahunan per 100.000 orang.

Baca juga: Cari Tahu Apa Saja Bahasa Asing yang Banyak Dipelajari Orang Jepang

Dengan asumsi suatu masyarakat tinggal di kota di Jepang dengan populasi sebanyak 100.000 orang, maka hampir tidak ada pembunuhan di lingkungan tersebut dan kurang dari tiga kasus perampokan terjadi dalam setahun. Hal ini menunjukkan bahwa Jepang merupakan negara dengan jumlah kasus pembunuhan dan perampokan yang termasuk sangat sedikit.

Jepang memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah dibandingkan banyak negara lain. Kejahatan dengan kekerasan, seperti penyerangan dan perampokan, relatif jarang terjadi di Jepang. Dengan demikian, anak-anak dapat merasa nyaman ketika berjalan sendirian di jalanan, tertidur dengan aman di kereta, perempuan dapat memanggil taksi di jalan pada tengah malam, dan dapat menjalani hidup seolah-olah benar-benar bebas dari kejahatan.

Alasan Jepang menjadi Negara yang Aman

Salah satu alasan mengapa Jepang menjadi salah satu negara yang aman yaitu Jepang merupakan negara yang homogen secara etnis dan ekonomi. Hal ini membuat perkelahian yang berakar pada isu rasial jarang terjadi di Jepang. Selain itu, rendahnya kesenjangan pendapatan membuat negara Jepang terhindar dari kecemburuan sosial dan kejahatan seperti pencurian dan perampokan.

Alasan lain mengapa Jepang menjadi negara yang aman yaitu mentalitas mementingkan kepentingan kelompok daripada individu. Tetangga saling menjaga satu sama lain, dan ada rasa percaya yang kuat dalam masyarakat. Meskipun terdapat sisi buruk dari tren ini, tampaknya hal itu dapat menjaga keharmonisan sehingga meningkatkan rasa aman. 

Kepekaan sosial juga menjadi alasan mengapa Jepang menjadi negara yang aman. Kepekaan sosial seperti harus membantu orang yang membutuhkan, berpikir sebagian besar orang adalah orang baik, dan percaya bahwa polisi dan personel darurat akan selalu datang jika ada laporan dapat menciptakan lingkungan yang aman. 

Kehadiran polisi membantu mencegah kegiatan kriminal dan memastikan respons cepat jika terjadi keadaan darurat. Stasiun dan kereta dilengkapi dengan kamera keamanan dan para staf yang selalu siap membantu penumpang. Sistem tanggap darurat terkoordinasi dengan baik, dan prosedur evakuasi dilakukan secara teratur.

Ketaatan terhadap aturan juga menjadi alasan mengapa Jepang menjadi salah satu negara yang aman. Larangan membawa senjata di Jepang membuat orang Jepang tidak perlu khawatir apakah orang lain memiliki senjata sehingga menciptakan rasa aman. Namun, hal ini tampaknya membuat orang Jepang adakalanya mengalami ledakan emosi yang kekanak-kanakan sehingga meneriaki lawannya di tempat umum tempat kerja karena merasa lawannya tidak memiliki senjata.

Demikian pembahasan mengenai mengapa Jepang menjadi salah satu negara yang aman di dunia. Jepang merupakan negara dengan jumlah kasus pembunuhan dan perampokan yang termasuk sangat sedikit. Beberapa alasan seperti homogen secara etnis dan ekonomi, kepekaan sosial, dan ketaatan terhadap aturan membuat Jepang menjadi salah satu negara yang aman. Menurutmu, apakah negara Anda dapat menjadi negara yang aman seperti Jepang.

Referensi: AGORA, HITACHI

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال