Cari Tahu Apa Saja Bahasa Asing yang Banyak Dipelajari Orang Jepang

Medium shot young man wearing trucker hat
Seorang pria mengenakan topi (Image by freepik)

Di era globalisasi seperti saat ini, bahasa asing menjadi sangat penting terutama sebagai upaya dalam terhubung dengan banyak orang di dunia. Tidak sedikit orang-orang yang mempelajari bahasa Inggris maupun bahasa Jepang.

Bagaimana dengan orang Jepang? Bahasa asing apa yang banyak dipelajari? Berikut ini adalah pembahasan mengenai apa saja bahasa asing yang banyak dipelajari oleh orang Jepang.

Baca juga: Cari Tahu Apa Saja Masakan Barat yang Disukai oleh Orang Jepang

Dalam survei tahunan Survei Pembelajaran Bahasa di Jepang oleh Duolingo, peringkat teratas bahasa yang dipelajari di Jepang (memungkinkan untuk beberapa jawaban) yaitu Bahasa Inggris (84,1%), bahasa Korea (25,0%), bahasa Tionghoa (12,5%), dan bahasa Prancis (6,0%).

Bahasa Inggris tampaknya menjadi bahasa asing yang banyak dipelajari oleh orang Jepang. Terlebih lagi bahasa Inggris merupakan bahasa yang banyak digunakan di seluruh dunia. Meski begitu tampaknya tidak banyak orang Jepang yang bisa bahasa Inggris. 

Dalam laporan survei tersebut, dikatakan bahwa hanya 10% orang Jepang yang percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggrisnya, dan 80% adalah pemula. Alasan teratas orang Jepang ingin belajar bahasa Inggris yaitu karena ingin memajukan karirnya (46,1%).

Sementara itu, bahasa Korea banyak dipelajari orang Jepang berkaitan dengan budaya populer Korea Selatan. Beberapa alasan teratas orang Jepang mempelajari bahasa Korea yaitu ingin memahami dengan tepat apa yang dikatakan artis dan selebritas favorit (57,6%) dan ingin memahami film dan drama asing persis seperti yang diucapkan (45,1%). Oleh karena itu, banyak generasi muda di Jepang yang mempelajari bahasa Korea.

Bahasa Tionghoa termasuk salah satu bahasa yang banyak digunakan di seluruh dunia terlebih lagi dengan menyebarnya populasi orang Tionghoa di seluruh dunia. Menurut Mainichi Chuugokugo, alasan orang Jepang mempelajari bahasa Tionghoa adalah peluang di masa depan dan ketertarikan terhadap budaya dan sejarah Tiongkok. Ada kemungkinan besar bahwa perusahaan Jepang perlu mempelajari bahasa Tionghoa agar dapat memasuki pasar Tiongkok.

Terakhir, bahasa Prancis menjadi salah satu bahasa yang dipelajari oleh orang Jepang. Menurut Tamausagi @ Nichidai Tsuushin, alasannya adalah Pariwisata. Kota Paris, Prancis banyak dikunjungi wisatawan asal Jepang setiap tahunnya. Selain itu, katanya ada banyak sekali orang Jepang yang tinggal di Paris sekitar lebih dari 15.000 orang. Belajar bahasa Prancis juga berguna bagi seniman Jepang ketika berbicara dengan orang Prancis.

Demikian pembahasan mengenai bahasa asing yang banyak dipelajari oleh orang Jepang. Apakah Anda menjadi tertarik untuk mempelajari bahasa asing?

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال