Apa Saja Otaku Terkuat dan Berapa Waktu dan Uang yang Dihabiskan

Asian male esports gamer playing online sport leagues multiplayer game via smartphone with exited cheerful emotion
Seorang pria bermain permainan (Image by Lifestylememory on Freepik)


Apakah Anda merupakan penggemar anime, manga, ataupun musik Jepang? Anda bisa disebut sebagai otaku. Otaku merupakan istilah dalam bahasa Jepang untuk menyebut orang yang menekuni hobi. Istilah ini di luar Jepang digunakan untuk menyebut penggemar berat subkultur Jepang.

Terdapat berbagai macam otaku seperti otaku manga, otaku idola, dan sebagainya. Pada dasarnya, para otaku memiliki kecenderungan untuk menghabiskan waktu dan uang dalam kegiatan otaku mereka. Apa saja otaku terkuat dan berapa waktu dan uang yang dihabiskan oleh para otaku? 

Baca juga: Apa itu Fenomena Joshiryoku Danshi dan Alasan Kepopulerannya

Yano Research Institute mengumumkan hasil survei yang dilakukan di kalangan otaku terhadap 10.000 pria dan wanita berusia 15 hingga 69 tahun yang tinggal di Jepang. Di antara para penjawab, ada yang mengidentifikasi diri mereka sebagai otaku dan ada pula yang diakui sebagai otaku oleh pihak ketiga.

Dikatakan jumlah otaku terbanyak adalah otaku manga dengan sekitar 6,74 juta orang. Sementara itu, otaku yang mengeluarkan uang paling banyak di antara para otaku adalah otaku PC dan otaku teknologi dengan konsumsi tahunan per orang melebihi 100.000 yen. Selain itu, otaku dengan rata-rata waktu aktivitas otaku per minggu terlama adalah otaku VTuber selama 15,7 jam.

Baca juga: Judul dan Visual Kunci Film Kamen Rider Geats Terungkap!

Otaku idola berada di peringkat lima besar dalam hal jumlah orang serta jumlah uang dan waktu yang dihabiskan. Perkiraan jumlah otaku idola adalah sekitar 4,29 juta orang. Jumlah konsumsi tahunan per orang adalah sekitar 80.000 yen dan rata-rata waktu aktivitas otaku per minggu selama 10,8 jam. 

Terdapat kecenderungan bahwa otaku idola menghabiskan lebih banyak pendapatannya untuk aktivitas otaku dibandingkan otaku lainnya. Ada kalanya otaku membeli barang oshi yang tidak bisa tidak membelinya.

Baca juga: Mari Mengenal Keragaman Kegiatan Budaya di Jepang dan Indonesia

Demikian pembahasan mengenai otaku di Jepang beserta waktu dan uang yang dihabiskan. Bagaimana dengan Anda? Berapa banyak waktu dan uang yang dihabiskan untuk aktivitas otaku Anda? Selain itu, bagaimana orang Jepang menggunakan gajinya merupakan hal yang menarik untuk dibahas.

Sumber: ABEMA TIMES

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال