Cari Tahu Apa itu Konsep Uchi dan Soto dalam Kehidupan Jepang

Free photo business people working with ipad medium shot
Para pekerja bekerja (Image by Freepik)


Apakah Anda menyadari bahwa orang Jepang menggunakan bahasa yang lebih hormat kepada pelanggan atau tamu? Hal ini dikarenakan orang Jepang mengenal konsep Uchi Soto dalam berinteraksi dengan orang lain. Dengan memahami konsep ini, Anda dapat memahami mengapa orang Jepang berperilaku seperti itu dan pandangan mereka terhadap orang lain.

Apa itu konsep Uchi Soto? Uchi secara harfiah berarti rumah, sedangkan Soto berarti luar. Konsep ini membagi lawan bicara menjadi dua kelompok yaitu kelompok dalam dan kelompok luar. Keluarga dan teman dekat dianggap uchi, begitu pula rekan kerja dan atasan di tempat kerja, namun orang-orang di luar kelompok dalam akan dianggap sebagai soto.

Baca juga: Apa Saja Otaku Terkuat dan Berapa Waktu dan Uang yang Dihabiskan

Orang asing, turis, dan pelanggan akan dianggap soto dalam masyarakat Jepang. Ketika berbicara dengan seseorang dari kelompok luar, penting untuk menghormati kelompok luar dan merendahkan kelompok dalam. Hal ini dilakukan melalui penggunaan bahasa hormat dalam bahasa Jepang. 

Dalam penerapannya, konsep ini lebih mudah dijumpai dalam melakukan pekerjaan atau bisnis di Jepang. Misalnya, pelanggan harus diperlakukan dengan sangat hormat di Jepang sehingga pelayan harus menggunakan bahasa hormat kepada pelanggan.

Baca juga: Kamen Rider Tycoon meets Kamen Rider Shinobi rilis 18 Juni 2023!

Banyak pengunjung ke Jepang umumnya terkesan dengan pelayanan karena orang Jepang pada umumnya sopan terhadap soto. Namun, bukan berarti mereka tulus dan berusaha menjadi teman Anda.

Konsep Uchi Soto juga berkaitan dengan konsep lainnya dalam kehidupan masyarakat Jepang seperti konsep honne dan tatemae. Saat berada dalam kelompok dalam (uchi), Anda bisa berkata jujur ​​(honne), namun ketika bersama kelompok luar atau orang asing (soto), Anda cenderung lebih sopan dan menghindari mengatakan sesuatu secara langsung (tatemae).

Baca juga: Peranan Sarana dan Prasarana dalam Pendidikan di Indonesia

Demikian pembahasan mengenai konsep Uchi Soto dalam kehidupan Jepang. Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di Jepang, konsep ini akan bermanfaat bagi Anda bagaimana Anda harus memposisikan diri Anda dalam pekerjaan. Lalu, bagaimana dengan konsep Senpai Kouhai di Jepang?

Sumber: GaijinPot Blog

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال